Minggu, 25 Desember 2016

Makanan Sehat dan Diet Seimbang

Untuk menyelamatkan bumi, kita harus terlebih dahulu menyehatkan tubuh kita. Kesehatan adalah nikmat yang diberikan oleh Tuhan kepada kita. Sebagai wujud mensyukuri nikmat-Nya, kita harus menjaga kesehatan tubuh kita sendiri.

Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan: Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Nah, salah satu cara meningkatkan kesehatan adalah mengatur pola makan dan makan makanan sehat. Makanan sehat atau bisa juga disebut makanan fungsional bermanfaat bagi kesehatan dan mencegah penyakit. Lawan dari makanan sehat adalah junk food yang mengandung banyak kolesterol dan sedikit kandungan gizinya sehingga menyebabkan penyakit.



Makanan sehat adalah makanan yang tidak terkontaminasi patogen manusia. Makanan sehat dapat mencegah dan mengendalikan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, darah tinggi, diabetes, kanker, aterosklerosis, obesitas. Makanan sehat dicerna oleh lambung dan usus menjadi nutrien yang diserap ke aliran darah lalu disirkulasi oleh jantung ke seluruh tubuh.

Nutrien yang terkandung di makanan sehat terdiri dari makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak. Makronutrien adalah sumber utama untuk memproduksi energi melalui proses metabolisme. Makronutrien terdiri dari lemak, karbohidrat, protein, dan air. Mikronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Mikronutrienterdiri atas nabati, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Lemak terdiri dari lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Lemak jenuh adalah sumber dari LDL atau kolesterol jahat yang diperoleh dari sumber hewani, sedangkan lemak tidak jenuh adalah sumber dari HDL atau kolesterol baik yang diperoleh dari sumber nabati. Karbohidrat dalam tubuh memiliki macam macam bentuk, yaitu serat, pati, dan gula.  Protein ditemukan pada daging, susu, telur. Hampir semua asam amino essensial berasal dari protein. Air dapat menghilangkan limbah beracun dari dalam tubuh dalam bentuk urin dan keringat.



Diet seimbang adalah aturan memakan makanan sehat supaya nutrisi yang ada dalam tubuh seimbang sehingga membantu menghasilkan banyak energi dan meredakan stress. Diet seimbang dapat dilakukan dengan cara menyeimbangkan asupan, variasi makanan, dan melatih kesederhanaan. Komponen penting diet seimbang adalah sayuran dan buah-buahan karena mengandung mikronutrien.

Dengan diet seimbang, tubuh kita akan menerima nutrisi yang cukup dan sesuai. Hal itulah yang dapat membuat tubuh kita tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar